Memantau statistik setelah artikel terbit

Menyempurnakan diseminasi artikel yang diterbitkan oleh jurnal Poltekkes Kemenkes Kendari merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal. Tujuan diseminasi tidak lain agar artikel mendapatkan ‘banyak perhatian’ dari pembaca.

Sebagaimana umumnya penerbit jurnal di perguruan tinggi, para editor juga berperan sebagai pendidik atau tenaga kependidikan di unitnya masing-masing, sehingga kegiatan pengelolaan jurnal tidak dapat senantiasa dilakukan. Hal yang mudah dilakukan bagi editor jurnal Poltekkes Kemenkes Kendari, sempatkan waktu membuka dashboard akunnya melalui https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id dan melihat statistik artikel terbitan jurnal.

Gambar statistik artikel
Tangkapan layar dari statistik artikel HIJP tanggal 23 Januari – 04 Februari 2021

Fungsi Statistik pada sistem jurnal akan memvisualkan total kunjungan pada abstrak maupun full-text artikel, sehingga editor dapat menyebarluaskan suatu artikel yang kunjungannya masih rendah kepada kolega serumpun ilmu dan mahasiswa bimbingan tugas akhir baik melalui WhatsApp, Telegram, Twitter, Facebook, atau bahkan instagram milik masing-masing.

Nah, jika membutuhkan media tambahan agar artikel yang dibagikan semakin menarik, dapat menghubungi kantor penerbit dan akan dibuatkan media posternya. Dan yang perlu diingat ketika melakukan diseminasi, agar selalu menyertakan DOI artikel tersebut.