Artikel terbitan HIJP bisa diklaim melalui SINTA, Publons , dan ORCID

Salah satu kebutuhan peneliti di Indonesia adalah artikel yang diterbitkan oleh jurnal akademik dapat diklaim oleh mereka yang memiliki profil di berbagai penyedia layanan researcher profile. Berikut bagaimana melakukan klaim kepenulisan atas artikel yang terbit di HIJP.

SINTA

Science and Technology Index (SINTA) merupakan sistem yang dibuat oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk memfasilitasi penampungan dan visualisasi kinerja penelitian, lembaga riset/institusi perguruan tinggi, dan jurnal akademik. Jurnal ilmiah yang telah terkareditasi akan tampil profil lengkap dengan levelnya.

Tangkapan layar profil HIJP di sistem SINTA (https://www.sinta.ristekbrin.go.id/)

Karena sistem SINTA menarik data artikel terbitan dari Google Scholar (GS), Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari berusaha memastikan bahwa artikel yang diterbitkan akan masuk di akun GS HIJP, sehingga status artikel pada akun SINTA peneliti sinkron dan sesuai dengan akreditasi HIJP.

Kondisi yang sering terjadi adalah artikel belum terindeks di GS atau judul artikel yang diindeks oleh GS tidak sesuai dengan versi jurnal. Solusi yang dapat diaplikasikan adalah:

ORCID

Peneliti Peneliti yang telah memiliki akun di sistem ORCID dapat dengan mudah menambahkan artikelnya pada bagian Works. Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari memastikan bahwa Digital Object Identifier (DOI) artikel terbitan HIJP selalu aktif, sehingga dengan DOI ini dapat dicopy-paste kan pada ORCID.

Tangkapan layar dashboard ORCID iD (https://orcid.org/)

Publons

Publons merupakan sistem yang memudahkan peneliti untuk menampilkan rekam jejak penerbitan output kajian dan kontribusi mereka dalam jurnal akademik (anggota editorial board & mitra bestari). Agar mudah menampilan artikel yang dipublikasikan oleh HIJP di profil Publons, setelah masuk ke private dashboard anda, ada menu My recods dan submenu Publications, gunakan fungsi IMPORT PUBLICATIONS yang memberikan anda keleluasaan untuk memilih sumber data artikel terbitan.

Tangkapan layar pilihan sumber data pada fungsi import di private dashboard Publons (https://publons.com/)