HIJP sebagai the Keepers melalui PKP PN

Gambar yang diambil dari situs www.portal.issn.org menggunakan kata kunci nama jurnal ‘Health Information’ untuk identitas Health Information : Jurnal Penelitian

Menjadi the Keepers merupakan salah satu standar praktik terbaik pengelolaan penerbitan jurnal ilmiah akses terbuka. Jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel secara daring berisiko sangat besar untuk ‘hilang’ sehingga benar-benar tidak dapat diakses. Oleh karena itu untuk menjamin akses jangka panjangnya, penerbit perlu mengaplikasikan prinsip pengarsipan jangka panjang (long term preservation) untuk artikel terbitannya.

Pada prinsipnya pengarsipan jangka panjang bertujuan agar terbitan jurnal masih dapat diakses sehingga termanfaatkan untuk ilmu pengetahuan. Artikel yang telah diarsipkan akan disimpan oleh pengarsip di sistem mereka dan hanya dapat diakses segera jika website jurnal tidak daring (trigger event).

Layanan pengarsipan jangka panjang belum disediakan oleh organisasi/perkumpulan di Indonesia. Agar dapat memanfaatkan layanan ini penerbit perlu mencari penyedia dari dunia Internasional, melakukan pembayaran dengan mengikuti harga Dollar terhadap Rupiah, dan melakukan persiapan dari sisi sistem jurnalnya. Namun Terdapat langkah mudah untuk memulai gerakan pengarsipan jangka panjang ini terutama bagi penerbit kecil (budget dan sumber daya manusia terbatas).

Penerbit jurnal yang menggunakan sistem Open Journal System (OJS) dapat mulai mengarsipkan terbitannya melalui layanan Public Knowledge Project Preservation Network (PKP PN) secara gratis. Kabar gembira ini lebih khusus lagi untuk yang menggunakan OJS mulai versi 3.1.2 karena dapat langsung memasang plugin PKP PN di sistem mereka.

Agar kita mudah memastikan apakah jurnal kelolaan benar-benar telah ‘aman’, gunakan pencarian pada situs ISSN (bukan lipi, ya). Jurnal yang telah mengarsipakan terbitannya akan tampil beserta logo ‘the keepers’ atau simbok ‘K’ dan detail volume terbitan yang telah diarsip.

Sumber bacaan

https://www.sciencemag.org/news/2020/09/dozens-scientific-journals-have-vanished-internet-and-no-one-preserved-them?

https://docs.pkp.sfu.ca/pkp-pn/en/

https://pkp.sfu.ca/pkp-pn/

https://blog.doaj.org/2018/09/17/the-long-term-preservation-of-open-access-journals/

https://doaj.org/apply/seal/

https://keepers.issn.org/